dominos coupon codes today

shopclues offers of the day

amazon coupons for mobiles

cleartrip coupon code

globalnin.com

Monday , May 20 2019
Home / Ilmu Pengetahuan Sosial / Pengertian Trigatra dan Pancagatra Beserta Aspek-Aspeknya

Pengertian Trigatra dan Pancagatra Beserta Aspek-Aspeknya

Trigatra dan Panca Gatra
Sumber : map.google.com

Trigatra adalah aspek-aspek yang melekat pada suatu negara yang bersifat alamiah,  dimana setiap negara memiliki aspek-aspek trigatra yang berbeda. Trigatra memiliki sifat yang cenderung statist dan melekat secara alamiah.

Aspek-Aspek Trigatra

a. Letak dan bentuk geografisnya

Jikalau kita melihat letak gografis wilayah indonesia dalam peta dunia, bahkan akan nampak jelas bahwa wilayah tersebut merupakan suatu kepulauan, yang menurut wujud kedalam , terdiri dari derah air dengan ribuan pulau-pulau di dalam nya.

Kepulauan itu merupakan suatu archipelago yang terletak di benua asia di sebeleh utara dan benua australia di sebelah selatan, serta samudra indonesia di sebelah barat dan samudra pasifik di sebelah timur.

Letak geografis antara dua benua dan samudra penting itu, maka di katakan bahwa indonesia mempunyai suatu kedudukan geografis di tengah-tengah jalan lalulintas silang dunia.

Karena kedudukan nya yang strategis itu, dipandang dari tiga segi kesejahtraan di bidang politik, ekonomi, dab sosial budaya, indonesia telah banyak mengalami pertemuan dengan pengaruh pihak asing (akulturasi).

Indonesia terletak pada 6°LU-11°LS, 95°BT-141°BT, yang di tengah tengahnya terbentang garis equator sehingga indonesia mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau.

b. Keadaan dan kemampuan penduduk

Penduduk adalah sekelompok manusia yang mendiami suatu tempat atau wilayah. Adapun faktor penduduk yang mempengaruhi ketahanan nasional adalah sebagai berikut.

1. Faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk

Jumlah penduduk berubah karena kematian, kelahiran, pendatang baru, dan orang meninggalkan wilayahnya. Segi positif dari pertambahan penduduk ialah pertambahan angkatan kerja (man power) dan pertambahan tenaga kerja (labour force).

Segi negatifnya, apabila pertumbuhan penduduk tidak seimbang dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tidak di ikuti dengan usaha peningkatan kualitas penduduk.

2. Faktor yang mempengaruhi komposisi penduduk

Komposisi adalah susunan penduduk menurut umur, kelamin, agama, suku bangsa, tingkat pendidikan, dan sebagai nya. Susunan penduduk itu di pengaruhi oleh mortalitas, fertelitas, dan migrasi. Ferselitas sangat berpengaruh besar terhadap umur dan jenis penduduk golongan muda yang dapat menimbulkan persoalan penyediaan fasilitas pendidikan, perluasan lapangan kerja, dan sebagai nya.

3. Faktor yang mempengaruhi distribusi penduduk

Distribusi penduduk yang ideal adalah distribusi yang dapat memenuhi persyartan kesejahtraan dan keamanan yaitu penyebaran merata. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan kebijakan yang mengatur penyebaran penduduk, misalnya dengan cara transmigrasi, mendirikan pusat-pusat pengembangan, pusat-pusat industri, dan sebagai nya.

c. Keadaan dan kekayaan alam

Kekayaan sumber alam sebenarnya terdapat di atmosfir, di permukaan bumi, di laut, di perairan, dan didalam bumi. Bentuk sumber daya alam ada dua yaitu sumber daya alam dapat di perbarui dan tidak dapat di perbarui. Sumber daya alam harus di olah atau di manfaatkan dengan berperinsip atau asas maksimal, lestari, dan berdaya asing.

Baca juga:

Pancagatra adalah aspek-aspek dari suatu negara yang menyangkut kehidupan dan interaksi manusia dalam bermasyarakat dan bernegara yang di ikat oleh aturan dan norma-norma tertentu.

Apek-Aspek Pancagatra

a. Ideologi

Ideologi merupakan kesamaan ajaran atau doktrin yang diterima secara bersama dan di junjung tinggi agar mampu menjadi pentunjuk untuk mencapai kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

b. Politik

Politik diartikan sebagai suatu prinsip yang digunakan untuk mencapai tujuan.

c. Ekonomi

Merupakan Salah satu aspek penting dalam suatu negara untuk menggerakkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Aspek ekonomi merupakan bahan bakar dalam suatu mesin pemerintahan.

d. Sosial Budaya

Sosial budaya adalah ciri khas suatu kelompok masyarakat atau negara. Sosial budaya merupakan bagian negara yang dapat berperan sebagai wajah dan karakter suatu negara.

e. Pertahanan Keamanan

Aspek Keamanan adalah aspek terpenting dari suatu negara yang berperan dalam menjaga stabilitas kemanan dan menjamin keamanan warga negara. Di indonesia, kemanan dipegang oleh TNI dan POLRI.

Demikian artikel kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan mohon untuk meninggalkan komentar. Jika ada artikel yang keliru kami dengan senang hati jika anda berkenan memberitahu kami letak kesalahannya untuk kami perbaiki.

Sumber :

Gabungan dari web dan literatur kelas 12

About Muhammad Firman

Menulis adalah bagian yang paling saya sukai, menulis akan membantu saya untuk mengingat dan menulis membantu saya untuk lebih banyak tahu apa yang telah saya pelajari. Firman⚽️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *