Sejarah Komputer

Sejarah Komputer dari Generasi Pertama Hingga Kelima

Sejarah komputer melekat dalam perkembangan peradaban manusia, bahkan komputer membantu mempercepat peradaban manusia.

Komputer merupakan salah satu penemuan jenius yang pernah ditemukan manusia. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai sejarah komputer saja, karena membahas topik mengenai komputer sangat luas.

Tentu kalian tahu bahwa sejak penemuan komputer pertama, ukurannya sangat besar dengan penyimpanan terbatas bahkan fungsinya sangat minim.

Saat ini komputer bahkan tidak hanya berupa, tablet, laptop, desktop dan sejenisnya, melainkan komputer banyak di desain untuk fungsi khusus, misal dalam dunia medis, militer, industri, penerbangan dan banyak lagi.

Sejarah Komputer
Contoh Monitor Komputer dalam Dunia Kesehatan by usamedicalsurgical.com

Adanya teknologi seperti sekarang ini tentunya sangat memberikan dampak positif yang begitu banyak bagi kehidupan manusia. Jika dipergunakan dengan benar, maka teknologi bisa memberikan manfaat yang begitu baik. Namun sebaliknya, jika teknologi dipergunakan untuk hal yang tidak benar, maka teknologi tidak akan ada gunanya sama sekali. Sudah sepantasnya manusia harus memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini dengan sebaik mungkin.

Pengertian Komputer

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang biasanya dipergunakan untuk mengolah data dan memiliki beberapa komponen untuk bekerjasama dalam menjalankan berbagai program.

Kata komputer sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu computare. Dimana Com artinya menggabungkan dan putare yang artinya memikirkan perhitungan.

Sedangkan dalam bahasa Inggris sendiri, komputer dikenal dengan sebutan to compute yang artinya menghitung.

Pengertian komputer memang lebih banyak mengarah ke perhitungan, itu dikarenakan fungsi komputer pertamakali untuk membantu manusia mengitung. Berbeda sekali dengan komputer saai ini yang memiliki kemampuan yang sangat banyak.

Meskipun memiliki defenisi yang berbeda-beda, namun fungsi dari komputer tetaplah sama. Sama-sama dipergunakan untuk mengolah data dan membantu menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan manusia.

Fungsi Komputer

Sampai pada saat ini komputer memiliki banyak sekali fungsi, tergantung dari para penggunanya ingin memfungsikan komputer untuk keperluan apa. Berdasarkan pada pengertian komputer di atas, berikut beberapa fungsi komputer.

Fungsi Input

Komputer memiliki fungsi input artian, komputer dapat menerima informasi dan data dari berbagai sumber. Informasi dan data yang dimiliki oleh pengguna (user) dimasukkan ke komputer guna di proses, disimpan, dicetak dan dibagikan.

Untuk memasukkan (input) data dan informasi ini kedalam komputer menggunakan komponen komputer yang disebut komponen input, misal keyboar, mouse, dll

Fungsi Processing

Komputer juga berfungsi untuk melakukan pengolahan data. Setelah data diinput, komputer dapat digunakan untuk mengolah data sehingga mengasilkan informasi yang diinginkan. Proses pengolahan bermacan-macam bisa berupa teks, gambar, audio, video, grafik, dan yang lain sebagainya.

Fungsi Output

Fungsi komputer selanjutnya yaitu untuk menghasilkan output setelah sebelumnya diproses melalui pengolahan data. Data tersebut nantinya dapat disajikan berupa visual, fisik dan suara melalui monitor komputer, printer, dan juga speaker.

Fungsi Penyimpanan

Komputer juga dapat difungsikan sebagai media penyimpanan data. Sehingga apabila data yang disimpan tersebut ingin dipergunakan kembali dapat dicari dan ditemukan dengan sangat mudah.

Data tersebut nantinya akan disimpan melalui memori internal yang telah disediakan oleh komputer maupun memori eksternal yang dimiliki oleh pengguna.

Komponen Komputer

Satu buah komputer disusun oleh komponen-komponen saling berkaitan dan bekerja bersama-sama. Gabungan tersebut membuat fungsi komputer dapat berjalan. Berikut beberapa komponen yang terdapat pada komputer.

Secara umum komponen komputer dibagi tiga yaitu, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan pengguna komputer (user / brainware).

Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras merupakan salah satu komponen yang terdapat pada komputer yang bersifat dapat dipegang atau disentuh. Karena sifatnya dapat disentuh sehingga di sebut sebagai perangkat keras. Perangkat keras tersebut meliputi : Processor, RAM, Harddisk, Motherboard, Casing, keyboard, mouse, monitor, speaker, dll

Berdasarkan fungsinya, hardware komputer dapat digolongkan menjadi 3 bagian. Dan berikut 3 bagian komputer tersebut.

Komponen Input

Komponen input merupakan komponen perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai pemberi perintah atas berbagai jenis tugas yang akan diberikan oleh komputer. Komponen input tersebut diantaranya :

Sejarah Komputer

  • Keyboard, komponen yang memberikan input masukan berupa alfanumerik.
  • Mouse, komponen yang menghubungkan antara pengguna komputer dengan layar monitor.
  • Pen, komponen yang berfungsi sebagai penunjuk arah. Biasanya dipergunakan pada saat melakukan presentasi.
  • Scanner, komponen yang berfungsi sebagai pemindai gambar yang akan dimasukan ke dalam sistem komputer.
  • Microphone, komponen yang berfungsi sebagai input data dalam bentuk audio.

Komponen Proses

Komponen proses memiliki fungsi untuk mengolah dan memproses berbagai jenis data yang diberikan oleh pengguna komputer untuk kemudian ditampilkan pada komponen output. Komponen proses tersebut diantaranya :

  • Processor, komponen yang berfungsi dalam proses mengolah data.
  • VGA, komponen ini membantu prosesor untuk mengolah video dan gambar.
  • Motherboard, komponen yang berfungsi sebagai penghubung antar komponen lainnya yang ada pada komputer
  • Hard Disk, komponen yang berfungsi sebagai media penyimpanan data yang umumnya bersifat permanen
  • RAM, komponen yang berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis aktifitas komputer yang umunya bersifat sementara.

Komponen Output

Komponen output merupakan komponen yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari perintah yang sebelumnya telah diproses oleh komputer. Komponen output tersebut diantaranya :

Sejarah Komputer

  • Monitor, komponen yang berfungsi untuk menampilkan proses yang sedang dijalankan oleh komputer.
  • Printer, komponen yang berfungsi untuk mencetak informasi dan juga data ke dalam bentuk hard copy.
  • Speaker, komponen yang berfungsi untuk menghasilkan output berupa audio dan juga suara.

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak yang ada pada komputer merupakanbaian yang tidak dapat disentuh. Umumnya perangkat lunak berupa program kumputer dan sistem operasi. Sistem operasi adalah program induk dari komputer yang diinstal pertama kali sebelum aplikasi lainnya. Sistem operasi pada komputer seperti Linux, Mac OS, Windows dan Chrome OS.

Setelah Sistem Opesari (OS) diinstall perangkat lunak lain seperti, Microsoft OFFICE, Google Chrome, Mozilla Firefox, Paint, Winamp, dan yang lain sebagainya dapa diinstall.

Pengguna Komputer (Brainware)

Elemen utama komputer yang terakhir yaitu pengguna komputer. Tanpa adanya pengguna, komputer tidak akan berfungsi sama sekali. Karena komputer sendiri hanya dapat beroperasi melaui perintah yang dilakukan oleh para pengguna.

Sejarah Komputer

Untuk melihat perkembangan dan perubahan komputer dari masa ke masa. Komputer dibagi kedalam beberapa generasi.

Perubahan yang terjadi meliputi semua aspek, mulai dari fungsi dan kemampuan sampai pada bentuknya. Komputer yang anda lihat sekarang merupakan komputer generasi ke lima. Komputer yang sudah jauh lebih canggih dari komputer pada generasi sebelumnya.

Penemu Komputer

Sejarah Komputer
Charles Babbage Penemu Komputer Pertama by wikipedia

Charles Babbage merupakan sosok yang paling dikenal dalam sejarah komputer, karena merupakan penemu komputer. Charles Lahir pada 25 Desember 1792 (sumber: wikipedia).

Charles Babbage sebenarnya merupakan ahli matematika yang berkeinginan untuk menciptakan suatu cara melakukan perhitungan matematik secara mekanik. Perhitungan tersebut diharapkan dapat mengurangi kesalahan yang umum dilakukan manusia.

Untuk itulah komputer pertama dirancang. Tahun 1821, mesin penghitung atau yang dikenal dengan Difference Engine No. 1 merupakan salah satu icon yang paling populer dan terkenal dalam sejarah komputer di dunia.

Charles Babbage juga dijuluki sebagai bapak komputer dunia. Tidak hanya itu saja, ia juga membuat namanya “The Charles Babbage Foundation” untuk menghargai jasa atas penemuannya terhadap dunia komputer.

Gambar Komputer dari Generasi ke Generasi

Sejarah komputer
Gamabr komputer dari generasi pertama sampai generasi ke lima

 

Generasi Komputer

Sejarah Komputer secara lengkap dapat kita pelajari berdasarkan lima generasi dibawah ini.

Komputer Generasi Pertama (1942-1955)

Sejarah Komputer
John von Neumann with the IAS Computer by computerhistory.org

Komputer generasi pertama disebut juga generasi tabung vakum. Generasi ini merupakal awal sejarah komputer yang akan di manfaatkan secara komersil. Komputer Generasi ini menggunakan tabung vakum sebagai komponen utamanya.

Komputer generasi pertama ini dibuat dan diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) pada tahun 1942 dan selesai pada tahun 1946, dengan tujuan dipasarkan untuk umum. Meski diperuntukan untuk umum tetap hanya dapat dimanfaatkan oleh kalangan terbatas karena ukurannya yang sangat besar dan sangat mahal.

Ukuran komputer ini sangat besar, untuk satu unit komputer membutuhkan area kosong sebesar 100-500m². Komponen yang digunakan adalah 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan menggunakan 70.000 resistor.

Komputer generasi pertama memiliki ukuran yang sangat besar. Sehingga untuk dapat mengoperasikannya membutuhkan daya listrik yang sangat besar pula, yaitu sekitar 140 kilowatt.

Meskipun sangat besar dan mahal, banyak perusahaan yang merasa sangat terbantu dengan adanya komputer. Sejarah baru komputer dimulai saat terobosan-terobosan dimasukkan untuk memperbaiki fungsi komputer.

Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama Adalah:

  1. Memiliki ukuran dan berat yang cukup besar .
  2. Hanya mampu mengerjakan tugas tertentu dan terbatas.
  3. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
  4. Penyimpanan data menggunakan silider magnetik.
  5. Penyimpanan Eksternalnya menggunakan Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
  6. Konsumsi listrik yang sangat besar.
  7. Komponen yang menyebabkan sangat panas.
  8. Kapasitas penyimpanan yang sangat kecil.
  9. Prosesnya sangat lambat
  10. Memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
  11. Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa.

Komputer Generasi Kedua (1956-1964)

Komputer generasi kedua lahir ditandai dengan lahirnya transistor pada tahun 1948. Generasi ini disebut juga generasi Mainframe. Penggunaan transistor dibidang elektronik seperti televisi, radio, dan komputer di masa itu menjadi awal revolusi elektronik terutama komputer. Transistor mulai dipakai pada komputer pada tahun 1956.

Komputer generasi kedua sudah memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan generasi pertama. Hal ini disebabkan digantikannya tabung inti dengan transistor dan penggunaan inti magnetik sebagai memori.

Perbedaan komputer generasi pertama dan generasi kedua

Perbedaan yang paling mendasar antara komputer generasi pertama dan kedua ini terletak pada ukuran, kecepatan, konsumsi daya, dan kemampuan mengerjakan lebih banyak perintah.

Jika komputer generasi pertama hanya mampu mengerjakan perhitungan sederhana, komputer generasi kedua sudah mampu mencetak faktur pembelian, rekap gaji pegawai sampai desain produk bisnis.

Komputer generasi kedua sudah dapat dijual secara komersil dan diterima oleh hampir semua pebisnis besar. Kampus-kampus terbesar di amerika juga sudah banyak menggunakan untuk laboratorium mereka.

Contoh komputer komersil generasi kedua adalah IBM 1401

Sejarah Komputer
IBM 1401 : Komputer generasi kedua by IBM

Komputer Generasi Ketiga (1964-1971)

Komputer generasi ketiga merupakan penyempurna generasi sebelumnya. Teknologi transistor memiliki kekurangan yaitu panas yang sangat tinggi. Pada tahun 1958, Jack Kilbi mengembangkan suatu piringan kecil yang terbuat dari pasir kwarsa, piringan ini disebut sebagai Integrated Circuit (IC).

IC mampu menggantikan peran transistor tunggal yang membutuhkan tempat yang besar dengan suhu yang sangat tinggi. Dengan IC, komputer generasi ke tiga dapat dibuat dengan ukuran dan kemampuan jauh lebih besar.

Komputer generasi ketiga memiliki tampilan layar hijau (green screen). Beberapa contoh komputer generasi ketiga adalah IBM S-360.

Sejarah komputer
Contoh Komputer Generasi Ketiga

Komputer Generasi Keempat (1971 – Sekarang)

Komputer generasi keempat menggunakan microprocessor yang ditemukan pada tahun 1971 oleh ilmuwan Intel bernama Tedd Hoff. Pada generasi keempat, komputer semakin berkembang dan mulai dibuat komputer pribadi (compact) atau disebut personal computer (PC).

Sejarah Komputer
Contoh microprocessor

Salah satu personal komputer (PC) yang sukses dijual dipasaran adalah Apple II. Generasi komputer keempat ini juga dimulai dengan penggunaan sistem operasi MAC OS dan Windows. Perubahan terus terjadi hingga saat ini

  • Generasi 8 Bit
sejarah komputer
Contoh komputer generasi keempat 8 bit

Komputer generasi keempat 8bit masih menggunakan DOS sebagai sistem operasinya (OS).

  • Generasi 16 bit

Pada generasi ini Microsoft Windows sudah digunakan sebagai Sistem Operasi, contohnya Windows XP 16 bit dan Windows NT

Sejarah komputer
Komputer generasi keempat dengan Windows NT
  • Generasi 32 bit dan 64 bit

Pada generasi ini sudah menggunakan windows XP 32 bit, dilanjutkan windows 7, windows 8 sampai saat ini windows 10

Sejarah komputer

Komputer Generasi Kelima

Kompter generasi kelima merupakan kelanjutan komputer generasi keempat. Menggunakan microprosessor, bedanya jika pada generasi keempat teknologi menggunakan LSI dan VLSI, pada komputer generasi kelima sudah menggunakan ULSI (Ultra Large Scale Integration).

Komputer saat pada generai kelima sudah banyak menggunakan AI, komputer sudah tidak lagi terbatas dalam bentuk Desktop dan laptop. Generasi kelima sudah dikembangkan komputer dengan kapasitas prosessor super besar.

Sejarah Komputer
Ilustrasi Komputer Generasi kelima

Kesimpulan

Sejarah singkat Komputer

Dari Artikel diatas kita dapat buat kesimpulan sejarah komputer. Komputer ditemukan oleh Charles Babbage tahun 1821 yang dikenal dengan Difference Engine No. 1 . Komputer ini merupakan komputer pertama dengan kemampuan sangat terbatas. Sampai pada saat ini komputer sedah melewati lima generasi. Komputer yang kita gunakan merupakan komputer generasi ke lima.

Rangkuman 

  • Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum sehingga berukuran besar
  • Komputer generasi kedua menggunakan Transistor tunggal 
  • Komputer generasi ketiga menggunakan Integrated Circuit (IC)
  • Komputer Generasi keempat menggunakan Microprocessor
  • Komputer generasi kelima sudah menggunakan Microprosessor + AI

Kita semua tentunya harus berterima kasih kepada para penemu komputer. Karena berkat penemuan komputer tersebut, kita semua bisa melakukan berbagai jenis pekerjaan dengan sangat mudah. Karena jika tidak, kita tidak akan pernah bisa menikmati komputer seperti saat sekarang ini.

Itulah sekilas pembahasan tentang sejarah komputer yang memiliki perjalanan yang cukup panjang. Semoga dengan adanya teknologi berupa komputer yang ada pada saat ini, kita semua bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan komputer untuk hal-hal berguna.

Bagaimana artikel ini, Apa Bermanfaat?

Pilih Bintang 5 Ya!

Average rating 5 / 5. Vote count: 27

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan Untuk Menyimpan

Leave a Comment